6 Beasiswa Luar Negeri Dengan Nilai Rapor

Posted on

Bukan cuman orang yang baru lulus alias fresh graduate saja, melainkan kuliah bisa dilakukan kapan saja dimau oleh orang tersebut. Akan tetapi untuk beberapa program memang ada batasan tertentu agar bisa lolos ke perguruan tinggi yang diinginkan, apalagi untuk pergi ke luar negeri.

Memang sih terkenal akan biaya yang sangat mahal, namun kalau memang anda memiliki nilai rapor cukup dan beberapa keunggulan lain, bisa diajukan ke beberapa pihak untuk mendapatkan bantuan berupa beasiswa. Selain gratis, anda bahkan juga akan mendapatkan jatah biaya untuk hidup di negara tujuan juga.

Untuk anda yang mungkin berminat menempuh pembelajaran di luar negeri, ada beberapa program beasiswa yang dapat anda coba ikuti dan dapatkan. Untuk setiap perguruan tinggi juga memiliki syarat dan ketentuan berbeda, dan berikut daftarnya.

1. Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam

Masih luar negeri akan tetapi tidak begitu jauh jaraknya, selain itu ras dan juga kehidupannya juga mirip membuat anda tidak perlu terlalu memaksa diri untuk melakukan penyesuaian. Ada juga program Diploma, S1, dan juga S2 yang dapat anda pilih.

Tidak cuman mempertimbangkan dari segi nilai rapor saja, dikarenakan ada beberapa persyaratan lain untuk bisa mendapatkan beasiswa ke sana. Belum lagi beberapa test yang perlu diselesaikan, agar bisa menjadi calon mahasiswa terpilih untuk mendapatkan beasiswa.

2. Asian Development Bank (Japan)

Bagi anda yang ingin menempuh pembelajaran di negeri Jepang, bisa memilih Asian Development Bank berikut. Dimana untuk mendaftar dan menempuh jalur beasiswa ini harus mengajukan beberapa persyaratan yang sudah ditentukan, termasuk riwayat pembelajarannya termasuk nilai rapor.

Nantinya pihak ADB sendiri yang akan menentukan mahasiswa manakah yang mendapatkan beasiswa selama beberapa waktu menempuh pembelajaran di kampusnya. Dan untuk formulir pengajuan ini setidaknya harus diajukan enam bulan sebelum waktu yang direncanakan.

Untuk masalah waktu pendaftarannya sendiri tidak memandang waktu, Asian Development Bank telah membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru sepanjang tahun, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan akan waktu pendaftarannya.

3. Young SouthEast ASEAN Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship AS

Bagi anda yang menginginkan kuliah tidak terlalu lama di luar negeri, bisa memilih program ini. YSEALI ini bahkan ditujukan khusus untuk pelajar ASEAN di Amerika Serikat. Untuk program beasiswa ini berlangsung 5 minggu saja, dan dibuka bulan Oktober 2020.

Dikarenakan seleksi yang ketat dan tidak banyak pelajar mendapatkan kesempatan beasiswa ini, maka persyaratan yang harus dipenuhi sendiri juga sangat banyak. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan diri sejak jauh hari sebelum mendaftarkan diri ke program beasiswa ini.

4. Mitsui Bussan

Kembali lagi ke Jepang, dimana ketika anda kenal dengan Youtuber bernama Jerome Polin, ia juga ikut dalam program beasiswa ini. Bukan cuman bisa mendapatkan kuliah gratis saja, melainkan anda juga akan mendapatkan jaminan biaya kehidupan plus kursus bahasa Jepang terlebih dahulu sebelumnya.

Untuk beasiswa ini akan diberikan selama kurang lebih 5.5 tahun, dimana itu terdiri dari 1,5 tahun kursus bahasa Jepang terlebih dahulu di Tokyo Japanese Language Education Center of Independent Administrative Institution, Japan.

Dan berikutnya, anda baru akan mendapatkan beasiswa untuk menempuh masa studi S1 selama 4 tahun. Tentu saja bukan cuman biaya kuliah, melainkan kehidupannya sendiri juga terjamin di Jepang, sehingga tidak perlu memikirkan lagi, dan yang terpenting harus bisa memberikan terbaik untuk dapatkan hasil ujian yang tinggi juga.

5. Seoul National University

Ada beberapa macam program beasiswa yang ditawarkan oleh SNU, dimana untuk beasiswa penuh atau cuman sekedar keringanan biaya saja. Namun untuk mendapatkannya, anda penting untuk mengikuti sederet test dan seleksi yang ketat.

Hanya ada beberapa orang terpilih yang akan lolos dalam uji tersebut, sehingga anda harus mempersiapkan diri sejak lama. Bahkan nilai rapor sekalipun juga jadi pertimbangan, sehingga anda juga harus mulai sejak kelas 1 SMA untuk mempermudah mengikuti test mendapatkan beasiswa dari SNU.

6. Summer Research Scholarship

Untuk program ini bertempat di New Zealand, dan tidaklah lama dalam menyelesaikannya. Anda cuman butuh waktu 10 minggu saja untuk ikut serta merasakan pengalaman riset bersama para peneliti di University of Aucland.

Dikarenakan ini akan menghadapkan anda dengan orang yang tentu sudah ahli dalam bidangnya, maka anda juga harus melalui seleksi yang ketat termasuk hasil selama ini di dapat di sekolah. Namun kalau berhasil mendapatkannya, anda akan mendapatkan uang saku sekitar Rp 82 jutaan atau bahkan lebih.

Kurang lebih itulah daftar beasiswa luar negeri dengan nilai rapor yang bisa anda coba untuk masuki. Masih banyak sebenarnya program beasiswa lain yang mempertimbangkan nilai rapor sebagai salah satu syarat uji, namun sepertinya daftar tersebut merupakan paling populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *