7 Peluang Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal

Posted on

Namanya juga pelajar dimana seharusnya memang menuntut ilmu setinggi mungkin, belajar dengan sungguh-sungguh agar menjadi orang yang hebat di masa mendatang berkat penerapan ilmu yang sudah didapatkan tersebut. Namun dalam beberapa kondisi, membuat anda masih merasa kekurangan saja.

Sebaiknya jangan membebankan semuanya kepada orang tua, jadilah orang yang mandiri dan bisa mencari penghasilan sendiri. Walaupun sekedar pelajar, bukan berarti anda tidak bisa mencari penghasilan sendiri, sebab masih ada peluang bisnis online untuk pelajar tanpa modal sekalipun.

Tidak hanya tanpa modal saja, melainkan untuk waktu bekerja ini bisa anda sesuaikan sendiri berdasarkan waktu senggang yang memang bisa dimanfaatkan. Menekan waktu bermain untuk bekerja paruh waktu menjadi sesuatu yang cukup menjanjikan. Dan berikut ini beberapa bisnis online untuk pelajar yang bisa anda coba.

1. Reseller

Bisnis online pertama yang bisa dilakukan oleh pelajar dengan mudah tanpa modal yakni reseller, dimana dalam kasus berikut anda harus pandai dalam mencari partner. Sehingga, anda tidak perlu membeli produk darinya, melainkan cukup melakukan promosi saja sudah cukup, dan bisa mendapatkan fee dari penjual.

Atau mungkin anda bisa membuka harga sedikit lebih tinggi, dan membuka pesanan barang tertentu selama beberapa waktu untuk dipesankan terlebih dahulu. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Tapi proses ini butuh koneksi yang luas dan harus punya jiwa promosi juga.

2. Blogger

Kalau anda sebagai orang yang tidak bisa terpublikasi secara nyata, seperti melakukan promosi dan semacamnya. Melainkan anda suka berpikir dan berkreasi dalam bentuk tulisan, lebih cocok ketika menjadi seorang blogger.

Dimana anda bisa menuangkan kreasi anda dalam bentuk tulisan, entah itu cerita, pembelajaran atau lain sebagainya. Kemudian daftarkan pada adsense untuk mulai mendapatkan penghasilan, semakin banyak yang melihat maka semakin menguntungkan juga bagi anda, dan ini bisa dijadikan aset masa depan.

3. Penulis Lepas

Mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk proses menjadi blogger yang berpenghasilan, namun ada solusi alternatif untuk itu. Dimana ketika anda memiliki kemampuan menulis yang baik, maka bisa menjadi penulis lepas.

Disini anda akan bekerja pada orang lain dan tentu tidak bisa bebas berkreasi, tergantung dari orang yang membutuhkan pekerjaan anda, mulai dari ketentuan penulisan, bahasa, dan lain sebagainya. Tapi sebagai gantinya, anda bisa mendapatkan penghasilan yang pasti dan cepat.

4. Desain Grafis

Hampir sama dengan penulis lepas, hanya saja disini yang dibutuhkan kreatifitas dalam menggambar pada bentuk digital. Anda bisa membuka jasa desain banner, mug, promosi, logo, dan masih banyak lagi lainnya.

Sekarang ini banyak yang membutuhkan jasa desain grafis seperti itu, apalagi bila anda sudah cukup professional dan dapat membuka harga yang terjangkau. Tentu banyak kalangan akan datang mencari anda untuk menggunakan jasa tersebut.

5. Penerjemah

Tidak semua orang bisa berbahasa asing, sehingga ada kalanya seorang penerjemah juga bisa menjadi bidang bisnis online yang cocok untuk anda meski masih dalam taraf seorang pelajar sekalipun. Biasanya ini datang dari perkantoran, dimana ketika mendapatkan dokumen kerjasama dari perusahaan asing, jelas butuh penerjemah untuk memahaminya dengan serius.

Disini peran anda sangat penting, dan kalau memang sudah yakin dan merasa mahir dalam bahasa tertentu, bisa menawarkan diri untuk menerjemahkannya. Namun kelemahannya yakni, tidak begitu banyak orang yang membutuhkan penerjemah seperti itu. Kecuali kalau di tempat wisata yang bisa dilakukan secara offline.

6. Youtuber

Sama seperti menjadi blogger, hanya saja seorang youtuber ini harus memiliki jiwa yang berani untuk tampil di depan layar kaca. Untuk anda yang suka eksis di sosial media atau membuat video terkait suatu hal, cocok untuk dilampiaskan ke channel anda sendiri.

Dan kalau anda sudah memiliki konten-konten yang berkualitas, mendapatkan peminat yang cukup, maka anda bisa mendaftarkannya ke adsense untuk bisa mendapatkan penghasilan. Lumayan, iklan yang tayang di YouTube ini relatif lebih besar penghasilannya daripada di blogger. Terlebih sekarang juga marak yang namanya youtuber.

7. Editing Website

Terakhir hanya diperuntukkan bagi anda yang memang memiliki kemampuan di bidang coding, dikarenakan melakukan editing terhadap website ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Harus dengan kemampuan memahami script dan juga pengetahuan tinggi seputar ilmu coding.

Kalau sampai salah script, tidak menutup kemungkinan akan terjadi error di segala bidang. Namun kalau anda berhasil menyelesaikannya dengan baik, pendapatan yang bisa diraih sangatlah besar. Jadi, sebanding dengan apa tantangan yang anda hadapi selama mengerjakannya.

Kurang lebih itulah berbagai macam bisnis online untuk pelajar tanpa modal yang bisa anda lakukan. Semuanya tidak perlu modal, dikarenakan bisa memanfaatkan alat yang anda miliki saja seperti Smartphone, Laptop/ Komputer, Kamera, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *