5 Metode Pembayaran Online Yang Paling Aman Di Indonesia

Posted on

Bisa dibilang untuk berbelanja online ini lebih mudah daripada mencari barang dan membelinya di toko fisik, mungkin anda akan dikenakan biaya lainnya seperti ongkos pengiriman, PPN (bila ada), dan beberapa biaya lain kalau memang diperlukan.

Anda juga bisa dengan bebas memilih barang yang sudah ada di toko online tersedia, tinggal klik berbagai macam barang keinginan dan tinggal bayar. Maka semuanya akan langsung diproses, tinggal menunggu beberapa waktu kedepan, barang akan datang ke rumah anda sesuai estimasi waktu yang diberikan oleh ekspedisi.

Namun dalam hal semacam ini mungkin anda ada rasa khawatir terkait keamanan dalam pembayaran. Jika memang demikian, penting untuk memperhatikan metode pembayaran online yang paling aman di Indonesia berikut, dimana bisa diandalkan untuk segala jenis atau bentuk transaksi yang dilakukan.

1. Kartu Kredit

Sistem pembayaran paling aman pertama yakni kartu kredit, dimana banyak orang mengandalkannya. Hal itu dikarenakan kredit ini dapat memberikan perlindungan kepada anda ketika terjadi tindak penipuan dari pihak ketiga.

Memang pada saat transaksi, anda mengeluarkan sejumlah uang namun ini tidak masuk dalam tagihan/ pengambilan langsung dari dana rekening anda. Dikarenakan penagihan kartu kredit ini terjadi di waktu tertentu, dimana ketika sudah tiba saatnya melakukan pembayaran cicilan.

Jadi, ketika ada tindak mencurigakan atau penipuan, anda bisa melaporkan aktivitas tersebut ke pihak yang mengeluarkan kartu kredit dan memberikan informasi kalau anda tidak pernah mendapat apa yang sudah dibayar tersebut. Dengan demikian, dana anda dimungkinkan untuk kembali alias tidak masuk dalam cicilan.

Akan tetapi kelemahannya yakni ketika kartu kredit dicuri, maka anda harus mengurus kartu dan nomor kartu baru. Bukan cuman harus melakukan update pembayaran di banyak tempat saja, melainkan anda juga tidak dapat menggunakan kartu kredit ini selama masa pergantian.

2. Minimarket

Metode pembayaran online yang paling aman di indonesia berikutnya ada di minimarket, dimana ini merupakan lembaga pihak ketiga yang memberikan fasilitas pembayaran secara online. Jelas lembaga seperti ini akan melakukan seleksi sebelum meneruskan pembayaran, dan biasanya cuman bisa menerima pembayaran dari platform terpercaya saja.

Ketika anda berbelanja di e-commerce tertentu misalnya, maka bagi anda yang masih belum memiliki rekening bank tidak perlu khawatir, dikarenakan bisa melakukan pembayaran melalui minimarket terdekat dengan mudah.

3. Kartu Debit

Metode lainnya yang bisa digunakan yakni kartu debit, sistem ini akan menarik langsung dana dari rekening bank anda. Sehingga tidak perlu mengajukan aplikasi, persetujuan, membayar biaya tahunan ataupun menerima risiko hutang.

Penggunaan kartu kredit memang lebih mudah dan makin aman dari penipuan, akan tetapi bila anda tidak bisa mengendalikan keinginan diri maka akan sangat bermasalah. Dikarenakan ketika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan malah akan menumpuk-numpuk hutangnya, beda dengan debit yang sudah tidak bisa digunakan ketika saldo habis.

Untuk penggunaan kartu debit ini hanya disarankan digunakan saat berbelanja di platform terpercaya saja, dan tidak disarankan untuk bertransaksi belanja tanpa perantara sekali. Dikarenakan ketika ada kejadian tindak penipuan, memang memungkinkan mendapatkan uang kembali, tapi butuh waktu yang sangat lama.

4. Metode Transfer Bank

Metode ini memang terbilang kuno, akan tetapi hampir semua toko online dan platform pembayaran lainnya masih menggunakan. Dikarenakan metode seperti ini masih dibilang aman, terlebih dari tindak peretasan oleh pihak ketiga.

Di Indonesia sendiri metode seperti ini masih cukup menjadi andalan, meski terbilang memiliki alur yang panjang akan tetapi anda bisa mendapatkan bukti kuat sebagai metode pembayaran. Anda harus mengirimkan struk pembayaran yang telah dilakukan kepada penjual untuk dilakukan konfirmasi pembayaran.

Namun kalau masalah tindak penipuan ini harus dilapisi dengan kepahaman yang baik dari diri anda sendiri terkait perilaku penjual. Kalau masalah sistem keamanan jelas amannya, dikarenakan pihak bank tidak menginginkan kebocoran data terjadi terhadap nasabahnya.

Kemudian kekurangan lainnya yakni anda harus membayar lebih kalau memang bank yang digunakan untuk melakukan transfer ini berbeda dengan tujuannya, tergantung dari perbedaan bank itu sendiri. Akan tetapi sebagai solusi terbaik atas masalah seperti ini adalah, anda bisa mendapatkan beberapa rekening bank sekaligus.

5. Menggunakan Rekening Bersama

Sebagai menjembatani agar anda tidak terjebak dalam layanan penjualan fiktif, maka anda bisa memanfaatkan rekening bersama. Dimana ini akan menahan uang anda sementara waktu, hingga barang sudah diterima dan dikonfirmasi oleh pembeli, baru dana akan diteruskan kepada pihak penjual.

Sistem seperti inilah yang sering dimanfaatkan oleh platform e-commerce di Indonesia untuk mencegah terjadinya penipuan saat bertransaksi. Anda bisa memilih rekening bersama manakah yang paling aman berdasarkan jumlah pengguna, review, dan pengalaman pengguna lain.

Itulah kelima metode pembayaran online yang paling aman di indonesia yang bisa anda andalkan untuk kebutuhan transaksi bersama orang lain, entah itu dalam transaksi jual beli atau hal lain. Ingat, selalu waspadai penjual dan segala bentuk gerak-geriknya untuk mencegah tindak penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *