Seberapa Pentingkah Asuransi Kesehatan?

Posted on

Memang sih di beberapa perusahaan akan diwajibkan bagi setiap karyawan untuk memiliki asuransi kesehatan, dimana ini merupakan kerjasama antara perusahaan juga lembaga penyedia asuransi. Dan karyawan yang dimasukkan tidak perlu membayar, dikarenakan sudah masuk dalam potongan gaji yang diterimanya saja.

Selain itu beberapa lembaga perbankan terkadang menawarkan terhadap para nasabahnya juga terkait asuransi kesehatan, dan masing-masing bank ini memiliki strategi sendiri dalam menawarkan asuransi tersebut dengan tujuan agar nasabah tertarik untuk menggunakannya.

Nah, ketika anda mendapatkan penawaran seperti ini juga entah dari pihak bank atau yang lain, tentu akan timbul pertanyaan seberapa pentingkah asuransi kesehatan ini untuk dimiliki seseorang? Apakah sangat penting, atau tidak perlu juga tidak menjadi masalah.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Perlu diketahui bahwa asuransi kesehatan ini sendiri memiliki beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh anda. Bahkan bukan dari segi finansial saja yang dapat diatur, melainkan juga anda akan mendapatkan beberapa fasilitas lainnya seperti kesehatan dan beberapa hal lainnya. Lebih jelasnya bisa simak pembahasan berikut.

1. Membuat Anda Lebih Disiplin

Untuk keuntungan yang pertama anda bisa membuat diri lebih disiplin, dimana dalam usia produktif sering kali membuat kita khilaf sehingga tidak ada uang sisa untuk ditabung. Dengan ikut serta dalam asuransi kesehatan seperti ini, tentu saja anda akan dipaksa untuk menyetorkan sebagian kecil dari pendapatan anda.

Ada beragam macam investasi yang bisa dimanfaatkan, selain asuransi kesehatan anda juga bisa menyisihkan sebagian uang untuk tabungan berjangka, reksadana, investasi saham, dan masih banyak lagi lainnya untuk membuat pendapatan tetap terjaga guna kebutuhan yang positif.

2. Memberikan Perlindungan dan Jaminan Kesehatan

Berikutnya yang sudah pasti yakni anda akan mendapatkan perlindungan dan juga jaminan kesehatan, dimana ketika sudah pensiun kerja dimana rata-rata saat berusia 55 tahun. Anda tidak perlu khawatir untuk biaya perawatan diri setelahnya.

Jika anda memiliki asuransi kesehatan ini, setidaknya sudah tidak perlu lagi membayar biaya rawat inap, penyakit kritis, atau bahkan jaminan saat meninggal dunia sudah dipersiapkan juga. Tentu, anda tidak akan membebani terlalu banyak terhadap keluarga saat kondisi-kondisi seperti itu.

Selain itu, selama anda membayar premi asuransi ini maka anda akan dilindungi oleh asuransi jiwa seumur hidup. Dengan demikian berbagai macam hal tak terduga dapat diminimalisir dampaknya, mulai dari kecelakaan, kehilangan kemampuan untuk bekerja (cacat permanen), dan musibah lainnya.

3. Terhindar Kehabisan Bahkan Kekurangan Dana Karena Gangguan Kesehatan

Menabung memang menjadi hal yang penting dalam hidup anda, jangan belanjakan seluruh pendapatan yang ada. Akan tetapi hanya dengan menabung ini masih belum menjamin hari tua anda, sebab karena faktor usia membuat faktor kesehatan semakin menurun dan membuat kekayaan (termasuk dalam tabungan) bisa habis karena itu.

Dikarenakan ketika kesehatan menurun seperti ini jelas akan membutuhkan biaya perawatan inap di Rumah Sakit, dan biaya yang diperlukan jelas tidak sedikit, belum lagi beragam jenis obat-obatan yang diberikan.

Akan tetapi hal seperti itu bisa dihindari dengan adanya asuransi kesehatan, dimana anda dan juga keluarga telah terlindungi. Perlindungan kesehatan bagi seluruh keluarga ini tidak cuman memberikan ketenangan, melainkan juga bisa meminimalkan risiko keuangan untuk kebutuhan medis.

4. Investasi di Masa Depan

Bukan cuman memberikan jaminan kesehatan saja, melainkan beberapa penyedia asuransi kesehatan ini juga menawarkan paket yang termasuk di dalamnya seperti reksadana atau saham. Perhatikan terlebih dahulu sederet fasilitas yang ditawarkan sebelum memilih.

Catatan penting untuk anda, bahwasanya investasi di asuransi ini akan menjaga nilai uang dari inflasi, tidak seperti menabung. Sebaiknya anda mencari produk terbaik untuk menjamin kesehatan dan perlindungan terhadap kondisi penyakit hingga usia 80 tahun.

Dengan demikian, bukan cuman kesehatan saja yang terjaga, melainkan anda juga akan memiliki dana yang bisa dikembangkan sebagai dana pensiun. Ketika sudah tidak bekerja lagi, namun anda tetap akan mendapatkan penghasilan dari investasi per bulan yang sudah dikumpulkan sejak lama.

5. Memberikan Jaminan Pada Pasangan

Asuransi kesehatan ini ada beberapa tipe yang bisa dipilih, tergantung dari pendapatan dan keinginan anda potongannya per bulan. Bukan cuman diri sendiri, melainkan pasangan juga keluarga bisa mendapatkan hak yang sama ketika anda memilih paket keluarga.

Selain itu, ada juga premi asuransi yang bisa anda bayarkan tiap bulan dari penyisihan gaji. Dimana dengan dana tersebut anda tidak perlu khawatir terhadap kondisi keluarga ketika ditinggal mendatang, dikarenakan saat tulang punggung keluarga meninggal dunia penghasilannya bisa digantikan.

Jadi pertanyaan seberapa pentingkah asuransi kesehatan ini jawabannya penting banget kalau memang penghasilan anda memungkinkan untuk membayarnya. Dikarenakan bukan cuman kesehatan saja, melainkan banyak hal lain yang bisa didapatkan dari ikut serta dalam asuransi kesehatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *