5 Tips Kuliah Universitas Luar Negeri Yang Murah

Posted on

Kuliah di luar negeri memang menjanjikan, dimana selain bisa mendapatkan pengalaman yang lebih banyak karena berada di negeri orang, beberapa negara diklaim memiliki sistem pembelajaran yang lebih baik jika dibandingkan dengan Indonesia.

Mungkin selama kuliah di Universitas luar negeri, anda akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang tidak memungkinkan diberikan di Tanah Air. Akan tetapi anda juga harus tahu bahwa kehidupan di negeri orang tidak sama di Indonesia tentunya, meski itu di Malaysia ataupun Singapura yang sangat dekat dengan kita sekalipun.

Nah, ketika anda memiliki budget pas-pasan namun tetap menginginkan untuk kuliah di luar negeri, berikut ini beberapa tips kuliah universitas luar negeri yang murah untuk anda, sehingga tidak perlu biaya banyak-banyak saja sudah memungkinkan bagi anda berkuliah di negeri orang.

1. Dapatkan Beasiswa

Tentu saja langkah paling ampuh dan menjadi paling hemat adalah dengan mengambil jalur beasiswa. Ada banyak sekali lembaga atau program yang menawarkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, dengan beberapa ketentuan dan syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Misal, untuk mendapatkannya anda harus lolos dalam analisa rapor, kemudian lanjut ke tes berikutnya, dan masih ada beberapa uji lain yang digunakan untuk metode seleksi pemilihan mahasiswa yang tepat untuk mendapatkan beasiswa. Semakin tinggi jumlah peminatnya, maka akan lebih susah lagi untuk lolos.

Akan tetapi kalau memang anda berpotensi dan prestasinya tinggi, tidak menutup kemungkinan akan lolos dalam program beasiswa tersebut. Tidak cuman kuliah saja yang gratis, melainkan anda juga akan difasilitasi biaya kehidupan selama menjalani masa studi tersebut.

Namun penting untuk diperhatikan bahwa masih ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi selama berkuliah, dan masing-masing program atau lembaga yang menawarkan ini berbeda. Yang pasti, anda harus lulus tepat waktu (dalam waktu normal, S1 selama 4 tahun), dan kalau sampai tertunda karena hal apapun, anda akan dicabut beasiswanya.

2. Memilih Kuliah Luar Negeri Murah

Kalaupun anda tidak lolos dalam seleksi beasiswa untuk kuliah di luar negeri, tips berikutnya yakni anda bisa memilih kuliah luar negeri yang murah saja. Ada beberapa negara tujuan yang menawarkan biaya kuliah rendah, sehingga membuat anda tidak perlu modal banyak untuk masuk.

Bahkan ada beberapa negara dengan biaya kuliah yang lebih rendah daripada Indonesia, namun untuk kualitas pendidikan yang tentunya tidak kalah, dan anda bisa mendapatkan pengalaman baru ketika menempuh belajar di sana. Salah satu negara tujuan dengan biaya kuliah rendah yakni Norwegia.

3. Memilih Negara Tujuan dengan Biaya Hidup Rendah

Bukan cuman untuk biaya kuliah yang murah saja, melainkan anda juga harus mencari negara dengan biaya hidup yang rendah juga agar tidak mengeluarkan biaya banyak untuk menempuh pendidikan. Kalau biaya kuliah rendah, namun biaya hidup tinggi maka hal tersebut sama saja dan bahkan lebih boros.

Sehingga anda harus mempertimbangkan dan mencari tahu lebih dalam terkait negara tujuan yang mau digunakan untuk menempuh pendidikan anda. Misalnya saja di Malaysia, dimana dengan lingkungan yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, biaya hidup di negeri jiran tersebut juga tidak terlampau mahal.

4. Bisa Berhemat dalam Pengeluaran

Tips kuliah universitas luar negeri yang murah berikutnya yakni anda juga harus bisa berhemat dalam pengeluaran, karena seolah akan percuma bila anda sudah berada di negara dengan biaya pendidikan murah dan biaya hidup rendah, namun sifatnya suka foya-foya dan selalu berkeinginan barang branded.

Ketika anda memiliki budget yang pas-pasan seperti itu, maka harus berhemat dan pandai-pandai dalam mengendalikan nafsu. Dikarenakan di negeri tetangga jelas saja banyak barang unik yang ingin dimiliki, tapi ingat kembali tujuan anda yakni untuk menempuh pendidikan, bukan berlibur.

Jadi, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan dengan tingkat harga rendah saja, dimana ini tidak selalu demikian. Anda juga bisa makan makanan yang mewah sesekali dan menganggap sebagai hiburan ditengah kesibukan dalam belajar.

5. Menjadi Orang yang Kreatif dan Berkarya

Ketika anda hanya punya budget minim, akan tetapi tidak ingin terlalu ketat dalam berhemat, maka solusinya yakni menjadi orang kreatif dan berkarya. Ada banyak peluang bisnis yang bisa anda coba dan dilakukan ditengah kesibukan dalam belajar.

Salah satu yang bisa dicontoh yakni Jerome Polin, dimana ia sebenarnya sudah mendapatkan beasiswa dan terjamin pasti uang kuliah dan biaya hidup. Akan tetapi ia tidak ingin tinggal diam begitu saja, dan memanfaatkan platform YouTube untuk berbagi keseruan selama hidup di Jepang.

Jadi, bagi anda yang kuliah di luar negeri bisa menjadi orang kreatif dan berani untuk publikasikan diri. Coba platform YouTube, karena akan selalu ada orang penasaran dengan kehidupan anda di luar negeri terkait kondisi hingga kehidupan orang di sana.

Kurang lebih itulah berbagai macam tips kuliah universitas luar negeri yang murah untuk anda semuanya. Jadi, dengan budget yang pas-pasan tidak menutup kemungkinan anda bisa berangkat ke luar negeri untuk menempuh pendidikan di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *